Jumat, 09 November 2012

kerajaan islam pada masa pertengahan



KERAJAAN ISLAM PADA MASA PERTENGAHAN

A. Kerajaan Turki Usmani
Kerajaan turki usmani adalah kerajaan islam besar yang menjadi tumpuan harapan dunia islam. Pada waktu itu,negeri-negeri islam terpecah belah. Dengan munculnya kerajaan turki usmani,islam kembali menunjukan keperkasaan dan meyambung kemegahan masa lalu.
                  Raja-raja yang pernah memerintah kerajaan turki usmani antara lain:
I. Orkhan
2. Murad I
3. Sultan Muhammad II
4. Salim I yavus
5. Sulaiman I

Kerajaan turki usmani mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan sultan Muhammad II. Pada masanya,kerajaan turki usmani dapat menaklukan konstantinopel pada tahun I453. Pada masa kejayaannya,wilayah kerajaan turki usmani meluas,meliputi wilayah laut tengah,wilayah laut hitam,semenanjung Arabia,dan mesir.
                  Kemajuan-kemajuan yang dicapai kerajaan turki usmani antara lain:

a. Bidang kemiliteran
Unsur militer menempati kedudukan yang penting dalam basis sosial politik kerajaan turki usmani. Untuk itu,dibentuklah pasukan baru yang diberi nama janissary atau inkisyariyah (tentara baru). Di samping itu sultan orkhan membentuk tentara kaum feodal yang disebut tentara taujiah. Selain itu angkatan laut kerajaan turki usmani  mencapai kejayaannya pada abad ke I6. Mereka berhasil menguasai wilayah perairan ysng menjadi jalur perdagangan penting di asia,eropa,dan afrika.

b. Bidang ilmu pengetahuan dan budaya
Ilmu pengetahuan kurang begitu berkembang di kerajaan turki usmani. Dalam bidang arsitektur,kerajaan turki usmani meninggalkan bangunan bersejarah,seperti masjid jami’sultan Muhammad al-fatih,masjid agung sulaiman,masjid abu ayyub al-ansari,dan masjid hagia Sophia.
Di bidang kebudayaan turki banyak menyerap unsure-unsur kebudayaan Persia,Byzantium,dan arab. Hal ini dikarenakan orang turki memang terkenal menerima berbagai budaya asing Karena asal-usul mereka sebagai bangsa nomad yang miskin kebudayaan.

c. Bidang keagamaan
Agama islam pada masa itu berkembang menjadi dua tarekat utama,yaitu tarekat bektasyi dan maulawi. Pada masa sultan abdul hamid II,syekh husein al-jisri menulis kitab al-husun al-hamidiyyah (benteng pertahanan abdul hamid).

B. Kerajaan Safawi
Kerajaan safawi adalah kerajaan islam pertama di Persia (iran). Raja-raja yang pernah memerintah antara lain:
          I. Ismail
          2. Tahmasp
   3. Ismail II
          4. Muhammad khundabanda
          5. Syah abbas I
          6. Syah safi
          7. Abbas II
          8. Husin syah
          Kerajaan safawi mencapai puncak kejayaan pada masa abbas I.Wilayah-wilayah yang telah direbut oleh negeri lain dapat dikuasainya kembali. Ibu kota kerajaan pun dipindahkan ke Isfahan. Di tempat itulah dibangun istana-istana yang indah dan masjid-masjid yang permai. Pada masa abbas II kerajaan safawi kembalI menunjukan kejayaannya. Ia berhasil merebut kembali wilayah- wilayah yang telah dikuasai bangsa lain.
Kemajuan yang dicapai kerajaan safawi antara lain:

a. Bidang ekonomi
Kemajuan ekonomi sangat menonjol,terutama pada sektor perdagangan dan pertanian. Hal ini terjadi karena dikuasainya Bandar abbas,jalur perdagangan antara eropa dan asia. Dari pertanian ,kerajaan safawi mengalami kemajuan ,terutama di daerah bulan sabit subur.

b. Bidang ilmu pengetahuan
Pada masa kerajaan safawi,lahir beberapa ilmuwan terkenal,seperti bahauddin asy-syirazi,seorang pakar ilmu pengetahuan umum,sadaruddin asy-syirazi,seorang filsuf,Muhammad baqir bin Muhammad damad,seorang filsuf,sejarawan,dan teolog.

c. Bidang pembangunan fisik dan seni
Bangunan bersejarah yang ada antara lain jembatan raksasa di zende rud,istana chihil sutun,masjid shah,masjid syekh lutf Allah. Unsur seni yang dapat dilihat dalam bentuk kerajinan tangan,keramik,karpet,permadani,pakaian,dan tenunan. Dan pada masa ismail I,ada seorang pelukis terkenal yang namanya bizhad.

c. Kerajaan Mugal
Kerajaan mugal adalah kerajaan islam yang pernah berkuasa di india dari abad ke I6 hingga abad ke I9. Raja-raja yang pernah berkuasa antara lain:
I. Zahir ed din
2. Humayun
3. Sultan akbar syah
4. Jahangir
5. Syah jehan
6. Aurangzeb
Kerajaan mugal mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan akbar I. Pada masanya seluruh wilayah yang terlepas pada masa humayun dapat direbut kembali. Kejayaan ini terus berlangsung hingga tiga sultan berikutnya,yaitu Jahangir,syah jehan,dan aurangzeb.
                   Kemajuan yang dicapai kerajaan mugal antara lain:

a. Bidang keagamaan
           Sebagai bukti kemajuan du bidang agama ada beberapa pelukis terkenal,antara lain gulbadan begum dengan buku yang berjudul humayun namah,jahan ara begum dengan buku yang berjudul munis al-arwah,zaibun nisa dengan tafsir yang berjudul zaib at-tafsir,badayuni dengan buku yang berjudul hadis arba’in,akbar dengan buku yang berjudul tuzk-i-baburi,mullah daud dengan buku yang berjudul tarikh-i-alfi.

b. Bidang seni budaya
Seni budaya yang berkembang di kerajaan mugal antara lain seni lukis,seni music,dan seni bangunan. Salah satu karya monumental,abdus samad berhasil menulis surah al-ikhlas di atas sebutir opium. Selain itu ada pelukis terkenal pada masa itu ,yaitu farrukh beg,Muhammad nazir khan,Muhammad murad,dan aqa reza. Dalam seni suara yang terkenal adalah baccu.

c. Bidang arsitektur
Bangunan-bangunan bersejarah yang ada hingga masa kini antara lain istana fatpur sikri di sikri,masjid raya delhi di new delhi,istana Lahore di Lahore Punjab,dan taj mahal di agra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar