Jumat, 09 November 2012

Sejarah perkembangan transportasi air



         SEJARAH PERKEMBANGAN TRANSPORTASI AIR

Transportasi air merupakan sarana transporasi yang berkembag lebih awal dibandingkan denangan transportasi lainnya. Hal ini terjadi karena permukaan air yang datar serta  tidak banyak mengalami rintangan alam. Selain itu permukaan air mempunyai gaya gesek yang lebih kecil sehingga memudahkan untuk dilalui.
Manusia purba sudah dapat membuat sebuah alat penyebrangan dalam bentuk yang sederhana. Yaitu dengan melubangi batang kayu dan meruncingkan ujungnya. Alat ini mereka gunakan sebagai alat untuk menyebrangi sungai ataupun danau.
Di indonesia alat itu dikenal dangan nama perahu,di afrika dan amerika selatan dikenal dengan nama kano. Orang Eskimo menamakan perahu dengan nama kayak. Di inggris perahu dinamakan coracle. Selain itu di ada juga yang yang disebut dengan catamaran,yaitu sejenis perahu yang terdiri dari tiga buah batang kayu yang diikat menjadi satu dengan tali sabuk yang terbuat dari kulit. Ada juga yang disebut dengan rakit  yang terbut dari batang-batang kayu atau bambu yang diikat menjadi satu. Perahu digerakkan dengan tenaga manusia yaitu dengan menggunakan dayung.
            Seiring waktu perahu mengalami perkembangan yang pesat. Mereka kemudian menambahkan layar di perahu tersebut. Layar befungsi untuk menangkap angin sehingga perahu dapat bergerak. Dengan adanya layar,maka mereka tidak perlu lagi mendayung untuk menggerakkan perahu.
            Kapal layar mulai ada sejak 4000 tahun sebelum masehi,di timur tengah. Di samping diberi layar,kadang-kadang dilengkapi dayung ,dan di bagian belakang kapal dilengkapi dengan dayung yang berfungsi sebagai kemudi kapal.
            Orang mesir merupakan orang pertama yang berani berlayar mengarungi samudra. Pada mulanya mereka hanya berani berlayar di sungai eufrat,tigris,dan nil. Kemudian mereka mencoba berlayar di laut,namun saying kapal yang mereka gunakan hanya terbuat dari kayu buluh dan akasia. Kemudian mereka ke libanon untuk mengambil kayu aras. Dengan menggunakan kayu aras mereka dapat berlayar mengarungi lautan.
             Kemudian pada tahun 600 SM, bangsa phoenix berlayar mengelilingi afrika. Mereka juga berlayar ke inggris untuk berdagang. Bahkan sampai ke muara sungai di jerman dan india. Walaupun begitu mereka tidak berani berada terlalu jauh dari pantai.
             Kemudian bangsa yunani menggantikan peran bangsa phoenix sebagai penjelajah lautan. Bedanya kapal yang digunakan bangsa phoenix digunakan untuk menangkap ikan atau berdagang,sedangkan kapal yunani digunakan untuk meperkuat angkatan perangnya. Kapal bangsa yunani dinamakan galley.
             Setelah bangsa yunani,bangsa romawi dan kartago adalah bangsa berikutnya yang membuat kapal.Mereka membuat kapal dengan ukuran yang besar,baik untuk pengangkut barang atau penumpang,maupun untuk memperkuat angkatan perangnya. Salah satu kapal perang romawi adalah attic tireme.
             Bangsa norman atau yang lebih dikenal dengan sebutan Viking juga membuat kapal. Namun kapal yang mereka buat berukuran kecil namun kokoh. Mereka menggunakan kapal untuk mengembara ke seluruh dunia,yaitu untuk mencari daerah yang masih banyak persediaan makanannya.
             Dari berbagai pengalaman armada kapal yang berlayar jauh,kapal layar jauh lebih cepat dibandingkan dengan kapal dayung. Dengan demikian,secara berangsur-angsur kemudi di sisi kapal dihilangkan dan diganti dengan kemudi di buritan kapal.                                                
             Kapal mengalami kemajuan pesat dengan ditemukannya kompas pada tahun 2634 SM di cina. Kompas untuk kapal ditemukan oleh flavo gioja pada akhir abad ke I4. Kemudian lord Kelvin mengubah kompas menjadi barang modern pada tahun I870.
             Kapal laut semakin tepat dengan ditemukannya kronometer oleh john Harrison. Dengan ditemukannya kronometer membuat armada inggris berjaya selama ratusan tahun.
             Dengan ditemukannya mesin uap membuat orang berusaha membuat kapal dengan tenaga mesin uap. Pada tahun I583 di Barcelona,blasco degaray berhasil membuat kapal bertenaga uap pertama. William hendri kemudian membuat kapal bertenaga mesin uap tahun I770 di Lancaster dan pensilvania. Kemudian john fitch berhasil membuat kapal api. Kemudian kapal ini disempurnakan oleh William swymington dari skotlandia dengan kapal yang bernama charlotte dundas. Kemudian kapal ini disempurnakan oleh Robert  fulton dengan kapal yang bernama Clermont.
             Kemudian diciptakan kapal dengan tenaga baling-baling. Francis pettit berhasil membuat kapal dengan tenaga baling-baling yang diberi nama Archimedes.
             Setelah ditemukan nuklir,para ilmuwan berusaha membuat kapal dengan tenaga nuklir. Pada tahun I950 rusia berhasil membuat kapal dengan tenaga nuklir yang pertama. Kapal ini diberi nama kapal pemecah es lenin. Kemudian amerika berhasil membuat kapal dengan tenaga nuklir pada tahun I96I. Kapal ini diberi nama kapal savannah. Dengan adanya nuklir membuat orang berlomba-lomba membuat kapal tenaga nuklir.

2 komentar: